Review Acer Aspire 5 Ryzen 4000

Laptop Terjangkau Layak Dibeli Sebelum Ghoib

Seperti yang kita ketahui, saat ini komponen PC, laptop, dan komponen lain sedang mengalami kelangkaan sehingga harganya naik gila-gilaan. Di tengah itu semua, Acer malah mengeluarkan produk yang harganya masih aman di kantong.

Perkenalkan, laptop Acer Aspire 5 Ryzen 4000 series dengan harga MSRP 8.499 juta rupiah. Dengan harga 8.5 juta-an, Acer Aspire ini menggunakan komponen yang terbaik, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan prosesor yang harganya lagi naik banget karena saking langkanya yaitu AMD Ryzen 5 4500u dengan 6 core 6 thread 2.4 GHz yang bisa di boost sampai 4 GHz. Prosesor ini sangat banyak diminati karena selisih 30% lebih dengan pendahulunya yaitu 3000 series.
  2. Menggunakan radeon graphic dengan speed 1500 MHz.
  3. RAM 8 GB DD4 speed 2666 MHz yang bisa di upgrade hingga 24 GB. Karena 8 GB nya onboard dan disediakan 1 slot untuk 16 GB.
  4. Storage SSD nvme 512 GB yang speed-nya lebih dari 200 MBps. Dengan spek tersebut di atas, saya rasa sudah sangat cukup jika kebutuhan kalian adalah untuk sekolah online, kuliah online, wfh, atau kerja kantoran. Tetapi jika keperluannya sudah untuk editing, dimana file video cukup besar apalagi jika videonya 4K pasti akan cepat penuh. Tetapi tenang saja, karena acer menyediakan 1 slot SATA yang kosong yang bisa diisi SSD atau HDD 2.5 inci.
  5. Untuk desain sendiri, bisa dibilang Acer Aspire banget dimana punggung covernya terbuat dari alumunium. Yang berbeda mungkin di EXO AMP antenna-nya yang bisa menangkap sinyal hingga 360 derajat atau gampangnya bisa disebut sebagai penguat sinyal WiFi.
  6. Untuk engsel memang belum bisa dibuka satu tangan tetapi cukup kokoh dan bisa diputar hingga 180 derajat. Fungsi ini sangat membantu untuk yang suka belajar kelompok atau mau presentasi di lingkup kecil, sehingga laptop tidak perlu diputar-putar, cukup dorong saja layarnya agar sejajar dengan meja,
  7. Keyboard nya belum backlit tetapi sudah dilapisi coating tambahan yang tidak membuat sidik jari mudah membekas.
  8. Memiliki fitur USB charging dimana kita bisa menggunakan Acer Aspire 5 ini sebagai powerbank walaupun kondisi laptop sedang dalam keadaan sleep. Laptop ini juga dilengkapi USB type C sehingga dari segi konektivitas sudah lumayan lengkap.
  9. Kapasitas baterai cukup besar meskipun bukan termasuk segmen ultrabook yaitu ada di 54.6 Wh.
  10. Sistem cooling standar single fan dan singlet heat pipe tetapi sudah sangat bisa menjaga suhu laptop stabil dan dingin.

Lalu, kira-kira adakah kekurangannya? Tentu ada, beberapa diantaranya adalah:

  1. Touchpad-nya tidak berada di center laptop sehingga kurang nyaman untuk mengetik.
  2. Bobotnya cukup berat yaitu 1.9 kg karena memang layarnya cukup lebar yaitu 15.6 inci. Dimensinya juga tidak terlalu tipis yaitu 1.8 cm.
  3. Panel yang digunakan masih standar bahkan di bawah standar karena hanya HD 1366×768 piksel Acer Comfy View, belum full HD. Tetapi, ini mungkin salah satu langkah Acer untuk menjaga agar harga laptop bisa tetap terjangkau di kondisi seperti saat ini.
  4. Tidak dilengkapi slot SD card, sehingga untuk transfer foto dan video dari kamera yang menggunakan SD card perlu konektor tambahan.
  5. Audio-nya standar saja, tipikal laptop mainstream yang cenderung ke suara high dan treble-nya lumayan terasa.

Dengan harga 8.5 juta laptop ini layak sih untuk referensi yang cari laptop harga masih wajar. Apalagi harga tersebut sudah include Windows 10 dan OHS 2019 yang harganya sekitar 1.8 juta dan dikasih gratis seumur hidup.